Selasa, 20 Maret 2012

MAKALAH FILSAFAT ILMU


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Filsafat dalam bahasa inggris yaitu philosophy. Istilah filsafat berasal dari bahasa yunani ; philosophia, yang terdiri atas dua kata; philos (cinta) atau philia (persahabatan, tertarik kepada) dan sophos (hikmah, bijaksana, pengetahuan, keterampilan, pengalaman praktis, inteligensi). Jadi, secara etimologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran  (love of wisdom). Orangnya disebut filosof yang dalam bahasa arab disebut failsuf.
Filsafat dan ilmu adalah dua kata yang saling terkait, baik secara subtansial maupun historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat, sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat. Ilmu hanya sebatas membahas tataran empiris saja, sedangkan filsafat mencakup obyek empiris maupun non-empiris.

B.    Rumusan Masalah
Secara etimologi pengetahuan berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu knowledge. Dalam encyclopedia of philosolophy dijelaskan bahwa definisi pengetahuan adalah kepercayaan yang benar (knowledge is justified true belief).
Sedangkan secara terminology akan dikemukakan beberapa definisi tentang pengetahuan. Menurut Drs. Sidi Gazalba, pengetahuan adalah apa yang diketahui atau hasil pekerjaan. Pekerjaan tersebut adalah hasil dari kenal, sadar, insaf, mengerti, dan pandai.
Dalam kamus filsafat dijelaskan bahwa pengetahuan (knowledge) adalah proses kehidupan yang diketahui manusia secara langsung dari kesadarannya sendiri.
Maka menyangkut azas-azas filsafat ilmu pengetahuan maka kita harus mengetahui:
a.    Kapan kelahiran dan perkembangan ilmu pengetahuan?
b.    Bagaimana klasifikasi ilmu pengetahuan itu?
c.    Apa itu filsafat ilmu dan bagaimana hakikat ilmu tersebut?



BAB II
PEMBAHASAN

A.     Kelahiran dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Berfilsafat sebagai manifestasi kegiatan intelektual yang telah meletakkan dasar-dasar pragmatic bagi tradisi dalam kehidupan masyarakat ilmiah ala barat diawali oleh orang-orang yunani kuno diabad ke-6 SM. Telah ditegaskan oleh Diogenes Laertius di tahun 200 M yang kemudian diperkuat oleh Eduart Zeller dalam karyanya Geschichte Der Grieschichen Philosopge (1920). Bahwa apa yang datang dari dunia timur bukanlah filsafat melainkan ajaran-ajaran praktis-terapan seperti:
Ø  Ilmu perbintangan
Ø  Ilmu pengobatan
Ø  Ilmu hitung,  dan lain sebagainya.

Penegasan tersebut dapat dipahami Karen apa yang kita sebut ilmu pengetahuan diletakkan dengan ukuran:
1.    Pada Dimensi Fenomentalnya, yaitu bahwa ilmu pengetahuan menampakkan diri sebagai masyarakat, proses dan produk.
2.    Pada Dimensi Strukturalnya, yaitu bahwa ilmu pengetahuan harus terstruktur atas komponen-komponen obyek sasaran yang hendak diteliti (Gegensland),yang diteliti dan dipertanyakan tanpa mengenal titik henti dasar motif dan tata cara tertentu, sedangkan hasil-hasil temuannya diletakkan dalam satu kesatuan sistem.


Sejak kelahirannya, ilmu pengetahuan yang ada adalah indektik dengan filsafat, mempunyai corak mitologi dengan mana segala sesuatu yang ada, dan yang mungkin ada diterapkan.
Filsafat yang semula bercorak mitologi berkembang menjadi “ilmu pengetahuan” yang meliputi berbagai macam bidang. Hal ini terbukti dari pernyataan Aristoteles yang mengemukakan bahwa, filsafat sebagai semua kegiatan yang dapat dipertanggung jawabkan secara akaliah.
Agama yang semula “menguasai” dan menunggal dengan filsafat segera ditinggalkan oleh filsafat. Masing-masing berdiri sendiri dan berkembang menurut dasar dan arah pemikirannya sendiri-sendiri, dalam perkembangan berikutnya, pada gilirannya filsafat ditinggalkan oleh ilmu-ilmu cabang dari “batang filsafatnya” diawali oleh ilmu-ilmu alam atau fisika melalui tokoh-tokohnya antara lain:

1.   Copernicus (1473-1543)
2.   Versalinus (1514-1564)
3.   Isaac Newton (1642-1727)
Perkembangan ilmu pengetahuan dan juga ilmu sosial dengan adanya semacam itu mencapai bentuknya secara defenitif dengan kehadiran Auguste Comte (1798-1857) dalam Grand thorry-nya yang digelar dalam karya utamanya Cour De Philosophie (1855) yang mengajarkan bahwa cara berfikr manusia pada tahan positif setelah melampaui tahap theologik dan metafisik.


B.    Klasifikasi Ilmu Pengetahuan

Pada filosofi muslim membedakan ilmu kepada ilmu yang berguna dan tak berguna. Kategori ilmu yang berguna mereka memasukkan ilmu-ilmu duniawi, seperti kedokteran, fisika, kimia, geografi, logika, etika, bersama disiplin-disiplin yang khusus mengenai ilmu keagamaan. Ilmu sihir, alkemi, dan numerology dimasukkan kedalam golongan ilmu yang tidak berguna. Klasifikasi ini memberikan makna implisit menolak adanya sekularisme, karena wawasan yang kudus tidak menghalang-halangi orang untuk menekuni ilmu-ilmu pengetahuan duniawi secara teoretis dan praksis.

Dengan adanya faktor-faktor heuristic yang mendorong lahirnya cabang-cabang ilmu yang baru seperti:

Ø  Ilmu lingkungan
Ø  Ilmu computer
Ø  Futurology, dan lain sebagainya

Seribu satu model pengklasifikasikan pasti akan kita jumpai sebagaimana dilihat dalam kehidupan perguruan tinggi dengan muncul berbagai macam fakultas, jurusan, dan program studi yang baru.
Fenomena perubahan tercermin dalam masyarakat yang dewasa ini sedang menjalani masa transisi simultan, yaitu:
1.    Masa transisi masyarakat dengan budaya agraris tradisional menuju masyarakat dengan budaya industri modern
2.    Masa transisi budaya etnis kedaeraan menuju budaya nasional-kebangsaan
3.    Masa transisi budaya nasional-kebangsaan menuju globalmodial.


C.   Filsafat Ilmu
Batas-batas antara ilmu yang satu dengan ilmu yang lain sehingga interpedensi dan inter-relasi ilmu semakin terasa. Oleh karena itu dibutuhkan suatu “overview” untuk meletakkan jaringan interaksi untuk “saling menyapa” menuju hakikat ilmu yang integral dan integrative.
Melalui cabang filsafat ini diterangkan sumber dan sarana serta tata cara untuk menggunakan saran itu guna mencapai pengetahuan ilmiah. Diselidiki pula arti evidensi, syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi yang disebut kebenaran ilmiah dan batas-batas validitasnya dengan berdasarkan diri atas sumber-sumber  atau saran tertentu seperti:
Ø  Panca Indera
Ø  Akal (Verstand)
Ø  Akal budi (Vemut), dan
Ø  Intuisi
Berkembanglah berbagai macam school of thought yaitu:

Ø  Empirisme (John Locke)
Ø  Rasionalisme (Descrates)
Ø  Kritisme (Imanuel Kant)
Ø  Positivisme (Auguste Comte)
Ø  Fenomenology (Husserl)
Ø  Konstruktivisme (Feyeraband)
Ø  Dan lain-lain yang tampil sebagai upaya “pembaharu”
Pengertian filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran  (love of wisdom).
Filsafat ilmu adalah refleksi filsafati yang tidak pernah mengenal titik henti dalam menjelajahi kawasan ilmiah untuk mencapai kebenaran atau kenyataan, sesuatu yang memang tidak pernah akan habis dipikirkan dan tidak akan pernah selesai diterangkan.
Bidang –bidang utama filsafat yakni:
a.    METAFISIKA
Metafisika adalah filsafat utama dalam bidang filsafatyang paling utama, dan cabang filsafat yang membahas persoalan tentang keberadaan (being) atau eksistensi (exsistance).
    Apakah metafisika itu ilmu?. Minimal ada dua jawaban yang akan diperoleh :
-       Jika ilmu adalah seuatu yang bersifat pasti (fixed) dan sudah akhir final)
-       Jika ilmu itu adlah suatu penyelidikanyang dikaitkan dengan sikap (attitude) dan metode tertentu.
b.    EPISTEMOLOGI
Merupakan bidang kedua filsafat yng berarti teori penetahuan. Epistemology berasal dari Yunani “episteme”  artinya pengetahuan (knowledge), dan “logos” artinya  teori.
c.    AKSIOLOGI
Bidang ketiga adalah aksiologi, yang membahas tentang nilai. Istilahnya berasal dari kata axios artinya nilai ataunsesuatu yang berharga, dan logos artinya akal dan teori.




     Agar calon filsuf mendpat hasil optimal maka harus mengetahui 5 prinsip penting azas-azas dalam berfilsafat (The Lieng Gie, 1982:48-49) :
1.    Mengendalikan dirinya,dan tidak memiliki sikap merasa dirinya tahu tentang hal yang akan dipelajari.
2.    Sikap mental berupa kesetiaan pada kebenaran (a loyality to truth)
3.    Memahami secara bersungguh-sungguh persoalam-persoalan filsafati serta berusaha memikirkan jawabannya,
4.    Latihan intelektual dilakukan secara aktif dan diungkapkan secara lisan maupun tulisan.
5.    Memiliki sikap keterbukaan diri.

Hakikat ilmu adalah sebab fundamental dan kebenaran universal yang implicit melekat dalam dirinya. Dengan memahami filsafat ilmu, berarti memahami seluk beluk ilmu yang paling mendasari sehingga dapat dipahami pula perspektif ilmu, kemungkinan perkembangannya, keterjalinannya anta (cabang) ilmu yang satu dengan yang lain, simplikasi dan artifisialitasnya.


MAKALAH ILMU KEALAMAN DASAR BIDANG TEKNOLOGI


BAB  I

PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI

            Ilmu Pengetahuan Alam diperkirakan muncul pada abad pertengahan (1500 -1600 M). kemudian muncul banyak orang yang ahli dibidang ilmu pengetahuan . Ilmu epngetahuan makin hari makin berkembang , semakin meluas  dan mendalam.
Ilmu pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang membahas tentang membahas tentang alam semesta dan segala isinya. Sedangkan, teknologi IPA adalah suatu penerapan IPA untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi ini dapat dibagi menjadi beberapa macam, sebagai berikut:
1.      Teknologi maju,
yakni teknologi tingkat pertama suatu usaha yang mengarah pada bidang pendidikan,latihan serta pembinaan para tenaga peneliti ilmiah untuk selalu mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi yang vital serta dibutuhkan oleh suatu Negara.
2.      Teknologi adaptif (teknologi madya),
adalah perkembangan dari suatu teknologi pada suatu Negara maju yang penggunaanya masih harus disesuakan dengan kondisi lingkungannegara yang memerlukan.
3.      Teknologi protektif,
adalah teknologi yang digunakan untuk melindungi (konservasi, restorasi, dan regenerasi) segenap sumber daya alm yang ada.

Pada mulanya, antara ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak selalu ada kaitannya,maksudnya suatu pengetahuan tidak harus menjadi ilmu terlebih dahulu.



A.                 MATERI DAN ENERGI

Yang dimaksud dengan materi dalam fisika adalah apa saja yang mempunyai massa dan menempati ruang. Materi diklasifikasikan menjadi campuran homogeny dan campuran heterogen.
            Sedangkan yang dimaksud dengan energy adalah sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat lain. Enegi ini bermacam-macam bentuknya, sebagai berikut:
1.      Energy mekanik
Merupakan jumlah dari energy potensial dan energy kinetik.

2.      Energy panas
Sering disebut energy kalor. Pemberian panas pada suatu benda dapat menyebabkan kenaikan suhu benda atau mengubah bentuk ukuran maupun volume suatu benda.

3.      Energi magnetic
Adalah energy yang timbul bila kutub dua batang magnet didekatkan.

4.      Energy listrik
Dari tenaga diesel dan nuklir serta lainnya.
5.      Energy kimia
Energy yang diperoleh melalui suatu proses kimia, contohnya manusia dapat memperoleh energy dari perubahan makanan yang dikomsumsinya.
6.      Energi bunyi
Energy bunyi dapat diartikan sebagai getaran.
7.      Energy nuklir
Energy nuklir diperoleh apabila suatu atom dipecah menjadi inti atom dan electron.
8.      Energy cahaya
Matahari adalah sumber utama cahaya yang digunakan oleh manusia , sedangkan tumbuhan memerlukan matahari untuk melakukan fotosintesis.


B.                 PRINSIP PEMBANGKIT LISTRIK

Listrik merupakan keperluan dalam kehidupan sehari-hari yang sangat vital pada zaman modern ini.
            Ada beberapa macam energy pembangkit listrik, sebagai berikut :

1.      PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
Prinsipnya adalah energy potensial dari air danau diubah menjadi energy kinetic seperi air terjun, kemudian diubah menjadi energy listrik melalui turbin yang mengerakkan generator.

2.      PLTD (Pembangkit Listrik tenaga Diesel)
Prinsipnya mesin disel menggerakkan generator air.

3.      PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)
Prinsipnya, reaksi nuklir menghasilkan energy panas. Energy panas di ubah menjadi energy mekanik melalui penguapan air. Turbin uap berputar menggerakkan generator listrik.

C.                 MESIN-MESIN

Salah satu ciptaan manusia yang menakjubkan adalah mesin-mesin, antara lain sebagai berikut:

1.      Mesin bakar
Prinsipnya, bahan bakar dicampur udara yang dimampatkan dalam silinder diledakkan dengan bunga api dari busi. Gerakan ini diteruskan oleh roda penerus yang sekaligus memutar mesin dan membuang bahan bakar yang telah terpakai kemudian memampatkan bahan bakar dan udara yang baru, kemudian diledakkan dan seterusnya.

2.      Mesin disel
Prinsipnya hampir sama dengan mesin bakar, tetapi tanpa menggunakan percikan bunga api dari bahan bakar yang digunakan yaitu solar.

3.      Jet
Prinsipnya bahan bakar dicampur udara, dibakar dalam tabung pembakar. Gas panas yang dihasilkan digunakan untuk manggerakkan mesin dan seluruh tubuh pesawat.

4.      Roket
Prinsipnya sama dengan jet , hanya saja bahan bakar yangb digunakan berbentuk padat yang telah mengandung oksigen, jadi tidak perlu dicampu udara.

5.      Nuklir
Bahan ini dapat dimanfaatkan untuk sumber tenaga, kesehatan atau pengobatan, peningkatan daya guna tanaman pertanian, pengawetan bahan makanan, pengawet kayu, peningkatan mutu tekstil, penelitian radografi, hidrologi, dan penelitian pencemaran lingkungan.



BAB II

TEKNOLOGI DAN KEHIDUPAN MANUSIA

A.     TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi berkembang terutama setelah ditemukannya mesin punch card yang merupakan dasar computer oleh Hellorith pada tahun 1890. Seteleh itu, dimulailah pembuatan computer yang pertama, yang ukurannya sangat luar biasa besarnya dibangdingkan dengan computer yang ada sekarang.

1.      Komputer
Dapat digunakn sebagai mesin hitung, mesin tulis, penggati ensklopedia, perpustakaan, arsip suatu kantor, membuat aneka macam program baik untuk keperluan industry maupun pertambangan sampai urusan rumah tangga.
Prinsip kerjanya computer adalah adanya masukan data (input) yang kemudian diproses di sentral processing unit (CPU) menjadi keluaran (output).
Beberapa hal yang dapat dipermudah oleh adanya computer adalah sebagai berikut:
a.       Telepon ensiklopedia
b.      Robot pelayan rumah tangga
c.       Berbelanja lewat telepon
d.      Bank data atau bank informasi

2.      Internet
Adalah media komunikasi canggih yang dapat merambah keseluruh penjuru dunia dengan cepat lewat computer. Tampilan gambar dan pesan lebih cepat sampai ke tujuan dan dengan biaya yang relatif murah. Internet dapat digunakan untuk semua tujuan.

B.     TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Komunikasi adalah salah satu keperluan hidup manusia dalam hidup bersosialisasi. Ada beberapa alat penunjang komunikasi yang perlu kita diperhatikan antara lain sebagai berikut:
a.       Percetakan
b.      Telegrafi
c.       Telepon
d.      Radio
e.       Cinema
f.       Televises
g.       Satelit komunikasi

C.     BIOTEKNOLOGI
Inti dari bioteknologi adalh bagaiman manusia memanfaatkan organism biologis, baik sistem dan prosesnya, untuk menghasilkan jasa ataupun barang bagi kepentingan kehidupan manusia.
Bioteknologi sebenarnya sudah berkembang sejak 6000 SM, dimana orang Samaria dan Babilon sudah minum bir, hal itu berarti mereka sudah melakukan proses produksi bir dengan cara fermentasi.

1.      Rekayasa Genetika
Menurut pandangan Haldane Yaitu: apabila tidak dapay menemukan mikroorganisme yang dapat membuat apa yang anda inginkan maka ciptakanlah makhluk tersebut dengan cara perekayasaan genetika.
Prinsip dasar rekayasa genetika adalah penyisipan informasi genetika kedalam organisme, replikasi gen, pembelahan (duplikasi) sel dan DNA, mutagenesis, DNA rekombinan dan pengklonan gen.

2.      Bioetika
Merupakan regulasi yang mengatur penelitian bioteknologi. Bioetika muncul karena bioteknologi bekerja dengan organisme alamiah maupun hasil mutasi atau rekombinasi.

D.     NANOTEKNOLOGI

Nanoteknologi adalah teknologi rekayasa terhadap objek yang diteliti berada pada kisaran nanometer (nm) atau sepermiliar meter (10  ̄⁹ nm). Dalam waktu 10 – 15 tahun ke depan, teknologi nano juga akan berperan dalam :
a.       Pembuatan katalis yang jauh efektif untuk proses pengolahan minyak;
b.      Peningkatan hasil pertanian dengan merekayasa pengelohan energy dalam tanaman;
c.       Penemuan sistem penyaringan air dan desalinasi air laut yang saat ini sedang diuji coba dengan menggunakan elektroda karbon nanotube;
d.      Peningkatan sumber energy yang dapat diperbaharui;
e.      Mewujudkan kehidupan yang lebih ramah lingkungan.


BAB III
                      
DAMPAK TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN

A.                 DAMPAK TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
Dampak teknologi terhadap kelangsungan hidup manusia meliputi hampir semua aspek kehidupan contohnya sandang, papan, dan pangan. Dalam memenuhi kebutuhan rakyat akan sandangdan papan, teknologi telah dapat meningkatan baik kualitas maupun kualitas sandang dan papan yang dibutuhkan. Dampak positifteknologi di bidang pangan yaitu penggunaan teknologi nuklir untuk memperoleh bibit unggul dengan produksi tinggi dalam waktu yang relative singkat.


B.                 DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP SUMBER DAYA ALAM
Tehadap sumber daya alam, kemajuan teknologi memberikan sumbangan dalam mencari alternative lain, pengganti sumber energy yang semakin terbatas jumlahnya. Teknologi juga member alternative dalam mengelola dan memproses sumber daya alm sehingga dapat menurunkan kerusakan serta polusi yang ditimbulkan oleh proses produksi.
Peningkatan teknologi sangat jelas dirasakan, tidak hanya dalam pemanfaatannya tapi juga harus diperhatikan dampak penggunaan teknologi tersebut. Contoh pemanfaatan dan dampak teknologi terhadap sumber daya alam adalah sebagai berikut:
1.      Minyak Bumi
Saat ini minyak bumi masih merupakan sumber daya alam utama dalam memenuhikebutuhan energy dunia, meskipun ketersediannya sudah semakin menurun.
Minyak bumi merupakan bahan galian yang tidak dapat diperbaharui, artinya hanya sekali pakai langsung habis.

2.      Batu Bara
Dampaknya yaitu Diawali dengan cacing tambang yang menggangu kesehatan, kemudian bahaya keterbatasan oksigen dalam daerah pertambangan terhadappara penambang karena, pengangkutan batu bara dari satu tempat ke tempat lain juga tidak luput dari kebocoran atau tumpahan yang menggangu lingkungan.
Batu Bara dan semua jenis mineral tidak dapat diperbaharui. Meskipun demikian berkat teknologi maju, bahan tersebut ada yang dapat dipakai ulang.

3.      Air
Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya setelah dipakai dapat dibersihkan dan digunakan lagi.Namun pembersihan ini tidak dapat dilakukan dengan sempurna sehingga biarpun lambat; nampaknya air bersih ini makin hari semakin menurun jumlah dan kualitasnya . Penurunan kualitas air akbat polusi dapat menyebabkan banyak penyakit. Bila polusi air berasal dari zat kimia beracun, akibatnya lebih serius dan mumbutuhkan waktuyang panjang untuk penyembuhan.

4.      Hutan, Hewan dan Ternak
Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui atau memperbarui diri antara lain adalah hutan dan hewan/ternak. Namun teknologi modern justru dapat berakibat pada kerusakan atau kepunahan sumber daya alam tersebut misanya penebangan hutan yang semena-mena akan mengakibatkan hutan tidak dapat diperbarui tetapi bahkan musnah.

5.      Tanah
Tanah pertanian sebagai sumber daya alam merupakan daya yang dapat diperbarui. Tanah dapat digunakan terus-menerus bila dipelihara dengan sebaik-baiknya. Penambahan unsur hara dengan pemupukan merupakan salah satu cara dalam memelihara kondisi tanah.
Penggunaan pestisida yang berisi berbagai macam zat kimia untuk membunuh tanaman, binatang atau jamur yang merugikan dalam pertanian ternyata memiliki efek samping yang membahayakan manusia.

6.      Sumber Daya Zat Radioaktif
Zat Radioaktif merupakan sumber daya alam sangat penting terutama dalam menentukan nasib manusia dimasa yang akan datang.

Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa bidang ilmu yang memanfaatkan enegi nuklir untuk kepentingan hidup manusia antara lain sebagai berikut:

a.       Pengaruh radiasi terhadap makhluk hidup
b.      Teknik nuklir untuk pemuliaan padi dan tanaman lain.
c.       Teknik nuklir untuk industry
d.      Teknik nuklir untuk kesehatan
e.       Teknik nuklir dalam industry radioaktif
f.       Teknik nukir dalam hidrologi
g.       Teknik nuklir untuk studi pencemaran lingkungan.


C.                 DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP TRANSPORTASI DAN KOMUNIKASI

1.      Transportasi
Dunia semakin sempit karena mudah ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan transportasi dari yang tradisional sampai yang paling canggih. Namum kemudahan ini selamanya membawa keberuntungan bagi umat manusia.
Canggihnya teknologi yang memasuki bidang transportasi sangat bergantung pada manusia dalam memanfaatkannya. Bila digunakan secara positif,tentu hasilnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, misalnya untuk  transportasi umum, sedangkan bila digunakan untuk kegiatan yang bersifat negative tentunya dapat merusak lingkungan misalnya, transportasi peralatan perang.

2.      Komunikasi
Saat ini banyak alat komunikasi yang dapat nikmati, baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Misalnya saja internetdapat digunakan untuk menjelajahi seantero bumi dan tersebar lebih luas, karena pada saat yang bersamaan setiap orang yang memiliki perangkat internet dapat juga berkomunikasi dan menikmati informasi yang diperlukan. Komunikasi internet sekarang sudah tersebar lebih luas dihampir semua topic, baik yang bersifat pribadi, bisnis maupun umum.

D.                 DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP BIDANG KESEHATAN

Dalam bidang kesehatan pun teknologi sudah sangat berperan dalam menyembuhkan, mengobati bahkan mencegah berkembang suatu penyakit. Sementara itu, dampak negatifnya dapat berupa penyempitan lapangan pekerjaan, merusak lingkungn, terutama untuk teknologi nuklir atau teknologi yang menggunakan zat radioaktif serta juga menimbulkan beberapa penyakit baru yang sulit diobati dan berbahaya.